HADAPI PKL UTI BEKALI MAHASISWA KOMPETENSI DUNIA KERJA

Guna mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL), Universitas Teknokrat Indonesia menggelar kegiatan pembekalan kompetensi dunia kerja. Pembekalan diisi dengan beberapa kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja sesuai program studi masing-masing.

Di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), mahasiswa mendapatkan materi-materi bidang teknologi informasi yang dibutuhkan di dunia kerja seperti desain grafis, video editing, pengelolaan basis data, jaringan komputer, troubleshooting, dan web portal. Materi-materi tersebut disampaikan oleh para dosen sesuai bidangnya masing-masing. Kegiatan pembekalan PKL semester ganjil tahun akademik 2020-2021 dilaksanakan selama satu minggu dari 2 s.d 10 November 2020.

Menurut Koordinator PKL UTI, Jafar Fakhrurosi, S.Pd., M.Hum, kegiatan pembekalan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap kali mahasiswa akan berangkat PKL. Menurutnya sebelum masuk ke tempat kerja, mahasiswa harus dipastikan siap baik secara sikap, wawasan dunia kerja, maupun kompetensi sesuai bidang akademiknya.

“Melalui kegiatan pembekalan ini kami ingin pastikan bahwa mahasiswa yang akan berangkat PKL sudah siap dan cakap sehingga di tempat kerja nanti dapat memberikan konstribusi nyata sesuai bidang yang digeluti,” tutur Dosen Bahasa Indonesia tersebut.

Jafar menuturkan, kegiatan pembekalan di masa new normal ini dilakukan dengan dua metode yakni daring dan praktik di Laboratorium.  “Mahasiswa mendapatkan teori melalui metode daring zoom dan spada. Sedangkan untuk ujiannya langsung di Laboratorium. Kegiatan di Lab dipastikan mengikuti standar pencegahan virus Corona (Covid-19),” jelas Jafar.

Sementara itu menurut Ketua Program Studi Sistem Informasi, Rusliyawati, S.Kom, MTI, kegiatan pembekalan dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Ia berpesan khusus kepada mahasiswa prodi Sistem Informasi yang notabene jumlahnya paling banyak se-Universitas agar mampu menerapkan ilmu yang didapat di perkuliahan ke tempat PKL.

“Mahasiswa kami sudah memiliki reputasi yang baik di perusahaan. Kami ingin mahasiswa yang melaksanakan PKL dapat diandalkan oleh perusahaan terutama keahliannya pada bidang IT. Di era industri 4.0 ini perusahaan tentunya lebih membutuhkan mahasiswa yang memiliki skill IT mumpuni,” terang ibu yang biasa dipanggil Lilis itu.   

Kegiatan PKL di Universitas Teknokrat Indonesia khususnya FTIK dilaksanakan 3 kali dalam 1 tahun. Dalam 1 tahun mahasiswa terjun ke ratusan instansi dinas, perusahaan swasta, BUMN/BUMD dll. Adapun pelaksanaan PKL semester ganjil ini akan dilaksanakan tanggal 16 November s.d 20 Januari 2020.(*)